Thursday, 09 February 2023
Guru MIN 5 Jombang Menciptakan Aplikasi Layanan Sederhana Berbasis Android Yang Bernama SiMaMad Versi 8879_23.00 "Sistem Informasi Manajemen Madrasah" Yang Dilaunching Pada Hari Selasa, 7 Pebruari 2023.

 

ANANG

MIN 5 Jombang adalah madrasah negeri yang ada di wilayah Kabupaten Jombang, tepatnya di wilayah utara sungai brantas Jl. Raya Brantas No. 121A Desa Randuwatang, Kec. Kudu, Kab. Jombang. Meski di wilayah pinggiran dan 25-30 km dari pusat Kota Jombang. Bapak Kodirin, M.Pd.I, selaku Kepala Madrasah, akan terus berinovasi dan mengembangkan potensi madrasahnya sebagai Madrasah yang siap untuk berprestasi, modern, dan digitalisasi dalam pembelajaran. Prestasi dalam 2 tahun terakhir ini sangat membanggakan, puluhan siswanya mampu menembus sebagai juara hingga tingkat Nasional dengan memperoleh medali emas, perak maupun perunggu dari berbagai ajang uji prestasi dalam berbagai bidang/mata pelajaran.

Wujud awal sebagai upaya untuk menuju madrasah digital, pekan ini MIN 5 Jombang meluncurkan Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Madrasah yang disingkat dengan nama SiMaMad versi 8879.23.00. Aplikasi ini dibuat dan dikembangkan oleh salah satu guru di MIN 5 Jombang yaitu Moh. Anang Hardiyanto, M.Pd.I. asal Kabupaten Jombang, sosok Guru Kelas VI yang juga alumni UIN Maliki Malang dan juga MAN Tambak Beras ini, memang gemar dan suka dunia digitalisasi dan desain. Kita tahu bahwa, di era serba DIGITAL seperti saat ini, kita dengan sangat mudah menemukan dan menikmati akses internet yang di banyak tempat selalu difasilitasi dengan itu, baik itu di kantor-kantor pelayanan publik, sudut-sudut kota, bahkan tempat-tempat nongkrong anak-anak muda seperti caffe, warung kopi, mall, atau bahkan rumah kita masing-masing, semuanya hampir memiliki fasilitas yang namanya akses internet, dan itu dengan sangat mudah terkoneksikan dengan jaringan wifi yang sudah terfasilitasi di handphon kita.

Berangkat dari situlah, kenapa Aplikasi SiMaMad ini dibuat berbasis Android dan bisa diakses melalui handphon kita masing-masing, di manapun dan kapanpun. Karena selain yang sudah dijelaskan di awal, bahwa intensitas kita dalam memegang handphon sebagai media sumber berita satu-satu yang sangat dekat dengan kita jika dibandingkan dengan TV atau bahkan laptop yang kita miliki, akan jauh lebih sering bagi kita untuk mencari informasi secara cepat dengan melalui handphone di genggaman kita. Untuk itu, SiMaMad hadir dan dilaunching dengan versi Android guna untuk memudahkan penggunanya menikmati berbagai menu yang tersedia.

Aplikasi Simtem Informasi Manajemen Madrasah (SiMaMad) Versi 8879_23.00 adalah memuat tentang informasi kegiatan dan layanan Kementerian Agama dan juga informasi tentang MIN 5 Jombang. Segala hal tentang Kementerian Agama khususnya dalam dunia pendidikan dan juga segala hal yang ada di MIN 5 Jombang terinformasikan dalam satu peket genggaman di aplikasi ini. Aplikasi ini bersifat open informasi khususnya yang terkait dengan layanan dan juga program di Kementerian Agama yang itu bisa diakses dan dinikmati oleh semua masyarakat luas. Begitu juga dengan kegiatan dan juga layanan yang diinformasikan pada portal MIN 5 Jombang pada masing-masing bidang, baik kurikulum, kesiswaan, kehumasan, sarpras, maupun layanan PTSP.

Salah satu unggulan dari aplikasi ini untuk siswa khususnya sebagai sumber belajar tambahan selain di dalam kelas adalah menu RUANG RELIGI dan POJOK PINTAR. Dari dua menu itu anak-anak bisa mengexplore segala hal yang terkait dengan dunia pembelajaran dan hiburan yang bersifat edukasi dan tentu tetap menyenangkan dan tidak membosankan.

Dalam aplikasi ini juga disertakan akses laman untuk layanan ASN untuk mencari informasi atau mengakses layanan dalam bidang tugasnya sebagai ASN. Seperti yang ada di menu LAYANAN APLIKASI PEGAWAI. Aplikasi PUSAKA sebagai aplikasi unggulan Kementerian Agama saat ini juga kami sertakan di dalam Aplikasi SiMaMad, karena aplikasi ini sangat banyak sekali fitur-fitur layanan untuk semua jama'ah atau ummat, baik itu yang terkait dengan layanan ibadah, layanan pendidikan, layanan perizinan, serta hikmah dan motivasi, serta banyak sekali akses informasi yang manfa'at lainnya dalam Aplikasi PUSAKA.

Akhirnya, semoga aplikasi sederhana ini setidaknya bisa membantu memudahkan pengguna untuk mencari berbagai informasi layanan khususnya di lingkup Kementerian Agama dan SiMaMad sebagai akses sumber belajar tambahan di luar kelas bagi peserta didik, guna meminimalisir penggunaan handphon yang tidak seharusnya bagi anak usia sekolah. Aplikasi ini jauh dari sempurna dan akan terus dikembangkan demi kemajuan madrasah dan juga nama besar Kementerian Agama. Masukan saran dan kritik yang konstruktif kami nantikan demi perbaikan dan kesempurnaan aplikasi ke depannya yang lebih manfa'ati lagi. Aamiin.

 

GuideBook_page-0001

GuideBook_page-0002

GuideBook_page-0003

GuideBook_page-0004

 

Unduh disini

(Bagi yang menghendaki upgrade untuk Madrasah/Sekolahnya bisa melalui 085649284399)